menu melayang

TESTIMONI

Testimoni



ALAMAT

Kontak



Alamat Kantor Kami


  • Ds Bodas Pakembaran RT 02/03, Warungpring, Pemalang, Jawa Tengah. Indonesia
  • Jam Kerja: 08.00 - 17.00 WIB
  • Kontak : 081914958020

Senin, 15 Agustus 2016

Mengatasi Nilai Pada Opening Balance Equity (OBE)

Opening Balance Equity (OBE) adalah akun perantara yang di buat secara otomatis oleh pihak accurate untuk menginput saldo awal.
Dan hari ini saya akan sedikit membahas tentang nominal yang tiba tiba muncul di akun Opening Balance Equity, pada kasus yang saya alami pada saat membuat laporan keuangan saat berdirinya perusahaan tempat saya bekerja, kami langsung menggunakan accurate, jadi secara otomatis pada saat itu kami sama sekali belum mempunyai laporan neraca yang bisa di masukan sebagai saldo awal, melainkan saldo bank pada modal, sedangkan pada kebanyakan postingan akun Opening Balance Equity (OBE) di jelaskan untuk menginput saldo awal tanpa memperjelas saldo awal yang bagaimana yang harus di input ke dalam akun Opening Balance Equity (OBE)

Sehingga pada saat memulai membuat laporan keuangan saya tidak menggunakan akun kas (Dr) Opening Balance Equity (OBE) tetapi menjurnal seperti biasanya, yaitu kas (Dr) Modal (Cr)
Namun dalah hal ini berbeda ketika pada saat membuat laporan keuangan menggunakan accurate namun agan sudah punya laporan neraca sebelumnya, yaitu agan harus menggunakan akun Opening Balance Equity (OBE) untuk mengisi saldo awal laporan keuangan yang akan dibuat tersebut.
Contoh :
Pada laporan tahun 2015 PT. ABC mempunyai saldo awal bank senilai 100.000.000 dan piutang dagang senilai 50.000.000, maka untuk menjurnalnya ketika pertama kali menggunakan accurate adalah sebagai berikut :

- Kas (Dr) 100.000.000
- OBE (Cr) 100.000.000

- Piutang dagang (Dr) 50.000.000
- OBE (Cr) 50. 000.000


Sehingga jika ilustrasi di atas semua saldo sudah diinput dengan benar, maka dengan sendirinya akun opening balance equity akan bersaldo nol, karena semua account di jurnal ke Account Opening Balance Equity sebagai akun perantara input saldo awal.

Note : Namun pada kasus yang terjadi pada saya ketika saya mulai menjurnal laporan keuangan tahun 2016 muncul kembali nilai minus pada akun Opening Balance Equity, sempet bingung juga, namun setelah saya coba hubungi pihak accurate dan saya coba teliti kembali, ternyata yang muncul di Opening Balance Equity (OBE) adalah laba tahun lalu, saya juga bingung, hingga akhirnya saya harus menjurnal balik menjadi :
Laba Tahun Lalu (Dr)
Opening Balance Equity (Cr)
Sehingga akun Opening Balance Equity (OBE) Menjadi nol

#Salam

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel